Idulfitri, Terpidana Korupsi Nazaruddin Dapat Remisi, Tapi Setnov dan Zumi Zola Tidak

oleh

Uri.co.id, BANDUNG – Mantan bendahara Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, mendapat remisi khusus sebagian pada Hari Raya Idulfitri 1440 H dari 128 narapidana yang mendapat remisi.

Nazaruddin mendapat remisi khusus selama dua bulan. Dari 128 Narapidana yang menerima remisi, terdapat 9 orang yang mendapat remisi selama dua bulan, termasuk Nazaruddin.

“Ini merupakan remisi tahun ketujuh yang diterima Nazaruddin. Satu tahun bisa menerima dua kali, artinya Nazaruddin menerima remisi yang ke-14 ,” kata Kalapas Sukamiskin, Tejo Harwanto, di Lapas Sukamiskin, Rabu (05/6/2019).

Saat pelaksanaan Salat Ied, tidak terlihat sosok M Nazaruddin di barisan orang-orang yang duduk. Tejo Harwanto mengatakan bahwa Nazaruddin sedang dirawat di Rumah Sakit.

“Nazaruddin sedang sakit dan dirawat di Rumah Sakit Santosa, Bogor. Sudah lima hari dirawat, sakit di bagian ginjal, ada batu ginjal,” kata Tejo Harwanto.

Mantan pejabat yang menjadi narapidana kasus korupsi dan mendapat remisi, tercatat hanya Nazaruddin.

Sedangkan Setya Novanto, Zumi Zola, Dada Rosada, dan Anas Urbaningrum, tidak mendapat remisi.

Tejo menjelaskan bahwa proses pengajuan remisi kasus tindak pidana korupsi, cukup ketat.

Jika tidak membayar denda yang besar dan tidak mendapat Justice Collaborator (JC) dari KPK, maka tidak akan mendapatkan remisi.

Terhitung hingga 05 Juni 2019, terdapat 473 orang Narapidana yang mendekam di Lapas Sukamiskin, Bandung.

Dari jumlah tersebut, terdapat 417 narapidana yang beragama Islam dan 128 orang yang mendapat remisi mulai dari 15 hari hingga dua bulan. ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!