3 Terminal di Kabupaten Cirebon Terus Diperbaiki, Biar Oke Tampung Pemudik Lebaran 2019

oleh

Uri.co.id, CIREBON – Tiga terminal yang ada di Kabupaten Cirebon terus diperbaiki guna menampung pemudik lebaran 2019.

Tiga terminal itu meliputi Terminal Sumber, Losari, dan Ciledug. Ketiganya sedang terus disiapkan agar efektif pada H-7 lebaran bagi pemudik.

Perbaikan dimulai dari penyediaan angkutan, fasilitas terminal, hingga kondisi fisik terminal.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon, Abraham Mohamad, mengatakan, untuk Terminal Sumber yang merupakan tipe B, sudah dilimpahkan ke provinsi.

Oleh karenanya, dia berharap Dishub Provinsi menyiapkan sebaik mungkin terminal tersebut agar dapat digunakan saat arus mudik nanti.

“Terminal Sumber ini sudah melayani penumpang antar provinsi. Untuk mengoptimalkannya, kita sudah serahkan ke Dishub provinsi,” katanya saat ditemui di Terminal Sumber, Minggu (26/5/2019).

Menurutnya, jika selama ini pihaknya tidak mengelola terminal tersebut, bukan merupakan kewenangannya, karena sudah diserahkan kepada provinsi.

Sementara itu, Kadishub Jabar, Hery Antasari, mengatakan, pihaknya sudah berkolaborasi dengan Dishub Kabupaten Cirebon untuk memastikan ketiga terminal tersebut siap sebagai angkutan lebaran tahun ini dan seterusnya.

“Menurut undang-undang dan regulasi terbaru, terminal sumber masih tipe b yang dalam proses dialihkan ke provinsi, namun belum tuntas 100 persen. Penyebabnya masih ada kendala dengan pelayanan aset dan yang lainnya, tapi pelayanan ini harus tetap berjalan,” katanya.

Menurutnya, dalam masa transisi pemindahan kewenangan itu, harus terjalin komunikasi yang intens.

“Yang jelas, Dishub sedang berkolaborasi mencari cara agar terminal bisa siap dipakai untuk angkutan lebaran,” katanya. ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!