Jelang Mudik Lebaran 2019, Dishub Kabupaten Cirebon Cek Kelayakan Bus

oleh

Uri.co.id, CIREBON – Menjelang arus mudik lebaran 2019, Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon mengecek  kendaraan umum yang akan digunakan sebagai angkutan mudik di PO Bus Sahabat, Weru, Cirebon, Selasa (21/5/2019).

Pengecekan dimulai dari kelengkapan alat pengaman, semisal alat pemadam api ringan (Apar), rem, ban, klakson, hingga tekanan angin ban.

Kasi Pengujian Kendaraan Dishub Kabupaten Cirebon, Eddy Suzendi, mengatakan bahwa dari hasil pengecekan di PO Bus Sahabat, tidak ditemukan kendala pada setiap kendaraan.

“Secara teknis dari beberapa kendaraan yang diperiksa tidak ditemukan kekurangan. Jika ada, nanti akan ada pengecekan berlanjut. Manakala tidak bisa dioperasikan, akan kita bawa terlebih dahulu,” katanya saat ditemui di PO Bus Sahabat, Weru, Cirebon, Selasa (21/5/2019).

Pengecekan itu, menurutnya, tidak hanya menjelang lebaran saja. Namun rutin dilakukan setiap satu bulan sekali.

“Kalau saat mudik lebaran ini memang kita tingkatkan ya. Ini juga pengujian berlanjut, tidak hanya di satu tempat dalam waktu sehari,” ucapnya.

Di Kabupaten Cirebon, ada sekitar 500 bus angkutan umum dari 10 perusahaan penyedia angkutan umum, di antaranya Bhinneka, Sahabat, Setia Negara, Kiswah, dan Madona.

“Pengecekan kita lakukan juga selama H-7 hingga H+7 lebaran. Di sini tadi sudah dilihat tidak ada kekurangan komponen, hanya penataannya saja yang kurang rapi,” katanya. ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!