Dewan Usulkan Pembangunan Rest Area di Pintu Keluar Tol Soroja | Jawa Barat Uri.co.id

Jawa Barat Uri.co.id

Menu

Dewan Usulkan Pembangunan Rest Area di Pintu Keluar Tol Soroja

Dewan Usulkan Pembangunan Rest Area di Pintu Keluar Tol Soroja
Foto Dewan Usulkan Pembangunan Rest Area di Pintu Keluar Tol Soroja

URI.co.id, MARGAHAYU – Komisi B DPRD Kabupaten Bandung mengusulkan dibangunnya rest area di Taman Kopo Indah (TKI) V yang menjadi salah satu pintu keluar Tol Soroja.

Rest area itu, nantinya akan menampung berbagai produk dari usaha mikro kecil menengah (UMKM) masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Margahayu, Margaasih dan sekitarnya.

Baca: Khawatir Jarum Pentul Bergeser ke Paru-paru, Anisa Pun Sangat Hati-hati Saat Menelan Makanan

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung, Yanto Setianto mengatakan luasan ideal untuk rest area tersebut adalah lima hektare. Ia berharap pemerintah bisa menyiapkan lahan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2018.

“Nanti di sana akan dibangun kios-kios yang dibangun dan disewakan oleh pemerintah, dengan adanya infrastruktur seperti Tol Soroja, saya yakin perekonomian untuk UMKM akan semakin meningkat,” ujar Yanto di Pasar Segar TKI, Margahayu, Kamis (28/9/2017).

Terkait dengan kemungkinan produk-produk di luar daerah yang masuk dan menggeser produk-produk lokal di rest area tersebut, menurut Yanto, di sinilah peran penting dari pemerintah untuk menggenjot produk-produk lokal.

“Jangan sampai juga, UMKM yang tiba-tiba kebanjiran pesanan (pascadibangunnya Tol Soroja) kewalahan dengan modal. Saya rekomendasikan mereka ikut ke Bank Perkreditan Rakyat Kerta Raharja yang dimiliki Pemerintah Kabupaten,” kata Yanto. 

Yanto juga meminta pengusaha lokal menjaga dan meningkatkan kualitas produk bila tak ingin kalah bersaing dengan produk-produk luar.

“Harus ada produk unggulan dari setiap desa, seperti di Sukamenak kan ada sentra sepatu. Saya yakin Sukamenak bisa menggeser Cibaduyut sebagai sentra produksi sepatu, mudah-mudahan Sukamenak bisa menjadi perintis,” ujarnya. (uri/utri/risa/PA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Jawa Barat Uri.co.id