Curhat Mengenai Salah Jurusan Hingga Masalah Kecanduan Rokok, Kekasih Siap Berikan Solusi | Jawa Barat Uri.co.id

Jawa Barat Uri.co.id

Menu

Curhat Mengenai Salah Jurusan Hingga Masalah Kecanduan Rokok, Kekasih Siap Berikan Solusi

  • Reporter:
  • Kamis, September 28, 2017
Curhat Mengenai Salah Jurusan Hingga Masalah Kecanduan Rokok, Kekasih Siap Berikan Solusi
Foto Curhat Mengenai Salah Jurusan Hingga Masalah Kecanduan Rokok, Kekasih Siap Berikan Solusi

URI.co.id, BANDUNG – Jika Anda melihat kendaraan sejenis mini truck berwarna pink yang terparkir di tempat umum di Kota Bandung, maka Anda dapat konsultasi serta curhat dengan orang-orang yang ada di mobil tersebut.

Mobil tersebut adalah Kekasih. Kekasih (Kendaraan Konseling Silih Asih) adalah kendaraan yang akan hadir memberikan pelayanan konsultasi kesehatan, psikis, serta rohani dengan tujuan memberikan solusi permasalahan psikologis warga Bandung.

Di dalam mobil tersebut terdapat dokter umum, psikolog, serta ustad.

Anda dapat curhat apapun dengan staf Kekasih termasuk perihal salah pilih jurusan kuliah.

Hal tersebut menjadi perhatian Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, pasalnya ia juga termasuk korban salah jurusan.

“Saya korban salah jurusan. pilihan pertama saya bukan arsitek,” ujar Ridwan Kamil, di Taman Dago Cikapayang, Kamis (28/9/2017)

Namun, ia tidak menyebutkan pilihan pertamanya saat hendak mengenyam pendidikan di ITB.

“Saya dikasih tau bibi saya. diajak kesitu (milih jurusan pertama). Saya gak pake logika, karena bibi saya trus nekan saya.  Untungnya pilihan kedua saya arsitek dan akhirnya saya menyukainya. intinya salah pilih jurusan itu sangat krusial dan perlu didengar curhatnya,” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil.

Selain masalah salah pilih jurusan, Kekasih juga melayani orang-orang yang kecanduan merokok.

“Dengan LSM yang sangat konsen dengan bahaya merokok, kami membuka lapak dengan bagaimana cara supaya berhenti merokok,” ujar Rita Verita, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung.

Menu yang ditawarkan Kekasih antara lain problem anak muda (kesehatan, pendidikan, pergaulan sehat, kecanduan gadget), permasalahan psikologis (tips memilih jurusan, penelusuran minat dan bakat, bullying, adiksi media sosial, cemas, galau), konseling religi, kesehatan reproduksi (pubertas, pms, menopouse, HiV), All about ASI, konseling berhenti merokok (smokelyzer deteksi racun rokok dalam tubuh, taktik jitu berhenti rokok, klinik berhenti rokok, dan resiko rokok elektrik).

Pada tahap pertama, Pemkot Bandung menyediakan tiga unit mobil kendaraan untuk berkeliling di sejumlah titik strategis di Kota Bandung.

Setiap unitnya akan mendirikan tiga tenda di sekitar mobil untuk tempat konsultasi, sementara itu setiap tendanya akan terdiri dari satu psikolog.

“Karena kurang (unit), di anggaran perubahan nanti akan kami tambah (jumlah unit). Kira-kira 3 sampai 4 kali lebih banyak sehingga warga bandung ada teman untuk bercerita,” ujar Kang Emil.

Pelaksanaan akan dimulai pada hari Minggu (1/10/2017), dimana mobil tersebut akan berada di Taman Sejarah dan Taman Dago Cikapayang mulai pukul 07.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Launching Kekasih berlangsung selama satu jam mulai pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB di Taman Dago Cikapayang pada Kamis (28/9/2017).

Selain Ridwan Kamil, Launching tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita, dan istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya.

Peresmian Kekasih tersebut ditandai dengan pelepasan balon berwarna-warni ke udara oleh Ridwan Kamil.  (uri/aksmini/L)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Jawa Barat Uri.co.id